Tubing Rafting di Batang Ombilin, Wisata Andalan Nagari Simawang

WARTASUMBAR.COM: TANAH DATAR (13/11, Senen) - Tubing Rafting merupakan salah satu wisata wahana air yang memanfaatkan derasnya arus sungai, dengan menggunakan ban dalam truk dan perahu karet. Seperti yang ada di Nagari Simawang, Kabupaten Tanah Datar, pecinta wisata air ini mulai diminati turis lokal maupun manca negara sejak didirikan beberapa bulan yang lalu. PT. Arsaloka Tour and Travel selaku pengelola kegiatan ini merasa bahwa hal ini bisa menjadi hoby dan kegiatan yang positif serta bisa mendatangkan penghasilan baik bagi pengelola maupun masyarakat di daerah tersebut. 

"Yang jelas, kami dari pihak investor dengan adanya kegiatan ini ingin mengembangkan ekowisata serta potensi yang ada di Nagari Simawang. Kegiatan ini terlaksana karena adanya partisipasi dari segala unsur yang ada di Nagari Simawang, termasuk kakanda Anggit selaku penanggung jawabnya. Disamping itu kita juga sudah koordinasi dengan Dinas Pariwisata serta pemuda nagari. Selain tubing rafting, kita nantinya juga akan membuka wahana pinball dan resort. Insyaallah dalam waktu dekat." Ujar Rafiaditya, SH selaku owner dari perusahaan tersebut, dilokasi.

Derasnya arus Batang Ombilin yang ada di Nagari Simawang ini termasuk kategori sedang. Sangat baik untuk pemula. Dengan jarak tempuh 4-5 jam sepanjang bibir sungai, kita disuguhkan pemandangan yang sangat mengesankan. Mulai dari kincir kembar tiga, lembah kelelawar serta air terjun mini, sepanjang 10-15 km. 

"Batang Ombilin ini salah satu sungai yang paling aman untuk wahana air seperti tubing river. Sebab air di kontrol langsung oleh pintu air yang berasal dari danau Singkarak. Nggak perlu kuatir.Bisa kita atur sesuai dengan kebutuhan kita. Disamping itu, dengan adanya kegiatan ini sudah membuka peluang usaha bagi pemuda nagari. Serta menambah wawasan dan keterampilan. Dan ini salah satu komoditi andalan Nagari Simawang dan Kabupaten Tanah Datar." tutur Anggit, pengelola kegiatan ini. 

Hal senada juga di ungkapkan Rian Tanjung, sebagai perwakilan Uda Uni Tanah Datar dan Sumbar bahwa kita punya alam yang lengkap dan bisa bersaing di dunia internasional untuk dikembangkan. "Salah satu pendapatan daerah kita yang terbesar adalah pengelolaan wisata. Dengan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat khususnya Dinas Pariwisata, hendaknya pemuda dan instansi terkait serta pengelola mulai serius dalam mengembangkan potensi wisata alam yang ada di daerah kita. Dan ini juga salah satu cara mengantisipasi angka pengangguran yang ada di kabupaten Tanah Datar. Semoga kedepannya akan lebih tertata rapi dan siap menjadi andalan pariwisata di Nagari Simawang dan Tanah Datar. " pungkas Rian (Anggit)