Jembatan Ambruk, Akses Jalan Terputus, Masyarakat Turawan Resah

WARTASUMBAR.COM: TANAH DATAR - Masyarakat Jorong Turawan, Nagari Tigo Koto Kabupaten Tanah Datar merasa resah akibat jembatan yang ambruk karena dimakan usia."Kejadian ambruknya jembatan ini pukul 17.wib akibat pondasi jembatan yang rusak. Memang sebelumnya hujan terus menerus beberapa hari ini hingga banjir, pak."tutur salah seorang warga Turawan kepada Jurnalis Indonesiasatu.co.id, (9/10) dilokasi kejadian.

Kabid Bina Marga,Ronny Elisman, ST.MT mengatakan bahwa hal ini murni musibah."Jembatan ini ada dua jenis konstruksi bangunannya, yang baru dibangun memakai plat baja sementara yang rubuh,yang lama memakai rolek.Salah satu penyebabnya dari hasil penelitian kami pondasinya yang sudah rusak akibat tergerus air sungai hingga dibawahnya meninggalkan lubang besar.Ditambah lagi karena beberapa hari ini hujan terus menerus hingga mengakibatkan banjir. Jembatan yang lama ini sendiri dibangun tahun 1966, sudah sangat tua dan tidak ada sangkut pautnya dengan kendaraan proyek yang sedang dikerjakan di Nagari Tigo Koto ini."ujar Ronny kepada Indonesiasatu.co.id di ruangannya.Segera kita rehab agar masyarakat dan proyek yang ada di nagari tidak terbengkalai dan berjalan lancar, lanjut Ronny.

Hampir senada, Muklhis mengatakan bahwa memang murni ini musibah."Jembatan Turawan ini memang sudah umur, pak. Dan ini faktor musibah.Tidak ada hubungannya dengan yang lain. Harapan kami agar masalah ini segera diselesaikan, karena masyarakat kami butuh jembatan ini sebagai akses yg mudah ke penjuru nagari. Mudah mudahan juga tidak mengganggu aktivitas pembangunan infrastruktur yang ada di nagari Tigo Koto, khususnya jorong Turawan." pungkas Pejabat sementara Walinagari Tigo Koto via seluler.  (Anggit Dwi Prayoga/ Hendri)